Pengertian PDF

Posted on

Pengertian PDF Lengkap: Kelebihan PDF, Sejarah, dan Fungsi – PDF tentunya kita sudah sering mendengarnya, banyak dokumen yang sering kita temui baik itu dokumen tugas, pembayaran atau tujuan file lainnya.

Nah disini kita akan mempelajari pengertian pdf, histori, fungsi dan kelebihan pdf yang perlu diketahui.

Apa Itu PDF

Pengertian PDF

Portable Document Format atau lebih sering disebut dengan PDF adalah jenis ekstensi atau format dokumen dan file digital yang dibuat untuk berbagai keperluan, misalnya, untuk pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System.

Bagaimana Sejarah PDF?

PDF pertama kali diciptakan oleh Adobe System di tahun tahun 1993. Pada awalnya PDF difungsikan untuk keperluan tukar menukar file dokumen digital.

Namun setelah berjalannya waktu, PDF juga sangat banyak difungsikan untuk keperluan penyajian dokumen dua dimensi yang berisi teks, huruf, grafik vektor dan gambar.

Tidak hanya itu, saat ini Adobe System Inc. juga mengembangkan program Acrobat 3-D yang memiliki kemampuan membaca dokumen tiga dimensi. Pada saat ini PDF telah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1: 2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian bahwa mastekno disebutkan di atas, PDF ini sering digunakan dalam administrasi kantor karena kesederhanaannya.

Meskipun pada awalnya format PDF kurang diminati karena kehilangan daya saing dengan Microsoft Office.

Namun, karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen, membuat PDF semakin banyak orang menggunakannya.

Bahkan sekarang tidak hanya perangkat lunak dari Adobe Reader yang dapat mengakses file PDF ini, tetapi ada juga perangkat lunak lain seperti Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra Sumatra, dan sebagainya.

Apa Fungsi PDF?

Jika merujuk pada pengertian PDF (Portable Document Format) yang telah dijabarkan di atas, PDF ini memiliki fungsi untuk membuat dan menyimpan dokumen yang bisa berisi teks, gambar, atau tautan dengan format khusus.

File PDF bisa dibuka di komputer yang memiliki perangkat lunak yang mendukung file PDF ini.

Dengan begitu PDF ini adalah dokumen yang memiliki format khusus yang fleksibel dan dapat digunakan pada komputer atau smartphone dengan program khusus apa pun.

Berbeda dari dokumen Microsoft Office, format PDF ini cenderung lebih aman karena PDF ini lebih fleksibel dan dapat dikunci sehingga lebih aman.

Mengirim dokumen dalam format PDF adalah pilihan yang tepat jika dokumen telah diperbaiki dengan tampilan yang menarik.

Selain itu, pengiriman dokumen dalam format PDF biasanya akan lebih cepat karena ukurannya lebih kecil. Penggunaan format PDF telah banyak digunakan baik untuk keperluan umum maupun khusus.

Keuggulan dari PDF

Selain memahami fungsi PDF, kita juga harus tahu kelebihan PDF dibandingkan dengan format lain. Berikut ini kelebihan-kelebihan dari PDF yang perlu diketahui.

Fleksibel

Format PDF ini mengacu pada produk digital yang fleksibel, sehingga format PDF ini memungkinkan untuk dibuka di berbagai perangkat seperti komputer atau smartphone.

Juga, bahkan jika dibuka pada perangkat yang berbeda, isi dokumen PDF tidak akan berubah. Karena file PDF sudah diperbaiki dan tidak akan berubah tanpa bantuan software editor PDF.

Sekarang ini adalah salah satu kelebihan PDF dibandingkan dengan Ms Word.

Dapat dikunci

Pengembang atau pencetus Sistem Adobe PDF sedang mengembangkan fitur kunci pada dokumen PDF.

Dengan begitu jika Anda ingin membuat dokumen PDF yang tidak dapat disalin atau hanya ingin dilihat oleh orang-orang.

Maka Anda dapat menggunakan fitur kunci dokumen untuk memberikan kata sandi ke dokumen PDF yang Anda buat.

Dapat diedit

Apakah Anda khawatir dengan dokumen yang sudah Anda konversi ke PDF tidak dapat diedit lagi? Atau mungkin urutan teksnya kacau?

Sekarang jangan khawatir karena Anda masih dapat mengedit dokumen PDF menggunakan bantuan perangkat lunak PDF Reader.

Simpan Gambar

Tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan dokumen yang hanya berisi teks, ternyata format PDF juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk gambar atau foto atau grafik.

Selain itu, dengan mengubahnya menjadi format PDF, itu juga dapat mengurangi ukuran atau ukuran file gambar atau foto atau grafik. Jadi Anda dapat mengirim dokumen lebih cepat.

Kompatibel di Berbagai Perangkat

Berbeda halnya dengan format dokumen yang hanya dapat dibuka di komputer yang menginstal perangkat lunak Microsoft Office.

Format PDF ini kompatibel dengan berbagai perangkat dan sistem operasi mulai dari Windows, Linux, Mac-OS, Android, dan sebagainya.

Karena banyak orang menggunakan PDF, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan perangkat lunak karena itu tidak hanya dari Adobe Reader.

Sebagai pencetus PDF, Adobe System, tentu saja mereka terus berinovasi dan terus mengembangkan fitur terbaik mereka dalam PDF.

Bahkan di masa depan PDF dapat mendukung JavaScript, Hyperlink, Formulir, dan kemampuan baru lainnya.

Penutup

Demikianlah artikel dari kami yang berjudul “Pengertian PDF Lengkap: Kelebihan PDF, Sejarah, dan Fungsi”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: